Profil Sirkuit Estoril-Portugal









Sirkuit Estoril Portugal merupakan sirkuit termasuk kedalam daftar sirkuit yang menjadi ajang balapan di Motogp.

Trek ini dibangun tahun 1972 di sebuah dataran tinggi berbatu dekat desa Alcabideche. Yang jauhnya sekitar 9 km dari kota Estoril. Kota inilah yang akhirnya diadopsi sebagai nama sirkuit Estoril.

Lintasan Estoril memiliki sebuah trek lurus panjang yang sekaligus menjadi garis start/finish. Tingkat kesulitannya terletak pada 2 tikungan hairpin dan kontur aspal yang naik turun.

Tadinya pada tahun 80 hingga 90an, sirkuit ini terkenal karena sering menyelenggarakan balap F1. Namun sejak 1997, Estoril tidak lagi digunakan untuk menyelenggarakan balap jet darat. Hingga akhirnya pada tahun 2000 lalu, Estoril didesain ulang agar mendapatkan homologasi FIM.

Sejak saat itulah tepatnya pada tanggal 3 September 2000, sirkuit Estoril secara rutin menjadi tuan rumah penyelenggara Moto GP Portugal. Dua tahun belakangan, Jorge Lorenzo menjadi raja di sirkuit ini dengan menjadi juara GP Portugal 2009-2010.

Selama bertahun-tahun, Estoril sering disorot tentang masalah safety. Bahkan pernah gagal inspeksi keamanan lebih dari sekali. Salah satunya adalah angin kencang yang juga dialami negara tetangga, Spanyol. Namun banyak tim balap menyukai sirkuit ini untuk tes musim dingin.

 

 Data sirkuit Estoril, Portugal
 Nama sirkuit  Autodromo do Estoril
 Dibuka  1972
 Mulai digunakan  2000
 Tanggal balapan  01 Mei 2011
 Panjang sirkuit  4.423 meter
 Jumlah tikungan  13
 Rekor lap tercepat  1:35:715 detik - Jorge Lorenzo, tahun 2008  
 Pemenang tahun 2010  Jorge Lorenzo - FIAT Yamaha (MotoGP)
Share this article :
 

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Zona Balap - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger