Lorenzo Masih Perlu Banyak Belajar


Juara dunia MotoGP Jorge Lorenzo mengakui, dia banyak belajar tentang pengembangan motor selama tiga musim mendampingi juara dunia tujuh kali kelas primer, Valentino Rossi. Namun, menurut dia, tantangan terberat untuk musim 2011 ini datang dari pebalap Australia, Casey Stoner.
 
"Saya tetap mengatakan bahwa Casey merupakan kompetitor terdekatku karena dia sangat cepat sekarang"
 
-- Jorge Lorenzo
"Saya tidak terlalu yakin karena tidak seorang pun yang tahu mengenai masa depannya," ujar Lorenzo mengenai peluangnya menjadi pebalap pertama selain Rossi yang sukses mempertahankan gelar juara MotoGP sejak 1998.
"Menjadi juara adalah hasil maksimal. Saya merasa sangat beruntung dan sangat bahagia masuk MotoGP bersama Yamaha.
"Saya sang juara, tetapi itu sudah berlalu. Sekarang kami mulai bertarung lagi untuk menjadi nomor satu pada musim 2011. Kami harus sepenuhnya konsentrasi."
Pebalap Spanyol ini yakin, musim baru ini Stoner menjadi penantang terberat karena dalam debutnya bersama Honda, mantan juara dunia 2007 tersebut langsung nyetel. Itu dibuktikannya saat tes post-season di Valencia awal November lalu. Mantan pebalap Ducati tersebut mengungguli rekan setimnya, Dani Pedrosa dan Rossi yang kini bergabung dengan Ducati.
"Saya tetap mengatakan bahwa Casey merupakan kompetitor terdekatku karena dia sangat cepat sekarang," kata Lorenzo. "Ini berdasarkan hasil tes di Valencia dan bagaimana waktu terbaik kami."
Stoner dan Lorenzo hanya terpaut 0,113 detik dalam tes di Valencia tersebut. Meskipun performa itu tidak berubah selama latihan resmi pramusim, Lorenzo merasa balapan malam di Qatar yang menjadi seri pembuka bakal menghadirkan kejutan.
"Tidak ada orang yang tahu apa yang terjadi di Qatar. Balapan malam menyenangkan, tetapi berbeda dan mungkin pemenang di Qatar adalah pebalap lain. Bukan saya atau Casey," kata mantan juara dunia dua kali kelas 250cc ini.
Mengenai bekas rekan setimnya, Rossi, yang meninggalkan Yamaha setelah merengkuh empat gelar juara dunia bersama tim Jepang tersebut, Lorenzo tetap menaruh hormat. Menurut dia, "The Doctor" tetap memiliki peluang juara meskipun harus melewati banyak rintangan.
"Dia hanya menunggang Ducati selama dua hari sehingga terlalu dini memberikan penilaian tentang dia dan Ducati," ujar Lorenzo yang menjadi orang pertama yang bisa mengalahkan Rossi ketika mereka sama-sama berada dalam satu tim.
"Dia seorang olahragawan yang hebat, memiliki image yang bagus, menjadi juara dunia sembilan kali, dan punya bakat luar biasa, serta bisa menjadi juara bersama Ducati. Tetapi, ingat, Ducati hanya baru menjadi juara bersama Casey," kata Lorenzo yang menanggalkan nomor 99 dan menggantinya dengan nomor 1 pada tahun ini.
Tak tertekan untuk kejar rekor Rossi
Lorenzo dan Rossi akhirnya berpisah karena adanya rivalitas di antara mereka. Namun, Lorenzo mengklaim, dia tidak merasa tertekan untuk mengejar rekor Rossi yang meraih banyak gelar bersama Yamaha.
"Saya bahagia dengan apa yang saya dapatkan sekarang," ujarnya. "Jika saya tidak memenangi banyak gelar, saya tetap senang. Jika saya bisa menang lebih banyak lagi, saya akan lebih bahagia. Tahun ini kami akan memiliki motor yang berbeda. Saya memiliki teman baru (Ben Spies) yang masih muda dan energik. Kompetisi akan lebih menarik."
Dengan kepergian Rossi, tanggung jawab Lorenzo akan bertambah karena dia harus memimpin proyek pengembangan YZR-M1. Dia merasa sudah siap menjalani tugas tersebut.
"Saya selalu belajar dari Rossi," kata Lorenzo. "Dan saya adalah seorang perfeksionis yang sangat teliti, seperti dia, ketika datang untuk mengembangkan motor.
"Sekarang kami (Yamaha) harus lebih pintar dan memahami kondisi motor. Pada dasarnya, kami perlu tambahan tenaga dan akselerasi untuk tahun ini."
Lorenzo, yang tahun lalu tidak ikut tes pramusim karena sedang dalam proses pemulihan cedera, akan tampil perdana pada musim 2011 di Sepang, Malaysia, 1-3 Februari. Waktu tersebut merupakan tes resmi pertama.
Sumber: kompas.com
Share this article :
 

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Zona Balap - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger